Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 buah yang baik di konsumsi saat masa kehamilan

Memiliki seorang anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan terutama bagi seorang ibu, tak heran jika di masa kehamilan kita ingin memberikan asupan yang bagus untuk kandungannya supaya bayi yang ada di dalam kandungan bisa menjadi anak yang tumbuh sehat dan kuat.

Buah-buahan yang baik di konsumsi ibu hamil
Potret wanita sedang mengandung


Banyak yang menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap seperti daging dan sayur-sayuran,selain itu di masa kehamilan juga harus sering mengkonsumsi buah-buahan yang masih segar untuk di jadikan cemilan yang baik baik untuk ibu hamil dan kandungan nya ketimbang mengemil cemilan kemasan.

Sangat penting mengonsumsi buah-buahan di masa kehamilan sebab buah kaya akan vitamin dan mineral alami membantu menjaga kesehatan ibu serta membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

selain itu buah juga harus memiliki serat untuk melancarkan sistem pencernaan agar terhindar dari resiko sembelit pada ibu hamil.dan inilah daftar sepuluh buah-buahan yang baik  di konsumsi ibu hamil dan kandungannya

1.buah pisang
Buah memiliki ciri bentuk panjang melengkung dan berwarna kuning manis ini sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil,sebab buah ini memiliki kandungan serat dan kalori sebagai energi tambahan yang membantu mencegah kelelahan berlebih,serta kalium yang terdapat dalam pisang dapat menjaga tekanan darah tetap normal bagi ibu hamil.

 zat besi di pisang ini juga sangat membantu mencegah dari anemia selama dalam masa kehamilan.kelebihan lain dari buah ini yaitu mudah untuk di cerna menjadi makanan alternatif di kala jika sedang merasa mual.

2.jeruk
Saat hamil mengonsumsi jeruk sangat bagus untuk memenuhi cairan tubuh serta terhindar dari dehidrasi yang dapat membahayakan bagi ibu hamil dan juga kandunganya.

Buah jeruk sangat baik di konsumsi ibu hamil sebab di dalam jeruk memiliki kandungan folat yang dimana fungsinya membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah resiko bayi lahir dalam keadaan cacat.

Serta kandungan vitamin C yang di hasilkan jeruk tinggi membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar ibu hamil tidak mudah lelah dan sakit.

3.alpukat
Buah alpukat kaya akan vitamin B,vitamin C,asam folat serta kalsium sehingga buah ini sangat baik di konsumsi dalam masa kehamilan ibu,manfaat dari kandungan alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness,membantu perkembangan otak,sistem saraf serta jaringan pada calon bayi.

Namun tidak di anjurkan untuk mengonsumsi buah alpukati terlalu banyak,sebab buah ini mengandung terlalu banyak lemak.jadi alangkah baiknya ibu hamil hanya mengonsumsi alpukat setiap hari sat saja.

4.mangga
Buah yang sering di jumpai ini juga bagus dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung kalium yang tinggi,vitamin C,dan vitamin A.

Kalium yang terkandung di dalam mangga dapat membantu tekanan darah dalam tubuh tetap terjaga serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh.vitamin C nya membantu mencegah dari serangan radikal bebas serta meningkatkan stamina tubuh.

Dan untuk vitamin A nya sendiri memiliki fungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.di tambah buah ini memiliki kandungan serat tinggi sehingga ibu hamil terhindar dari sembelit.

5.stroberi dan blueberry
Banyaknya kandungan folat,kalian dan vitamin C di beberapa buah berry yang baik untuk ibu hamil.

Fungsi kalium dalam buah berry dapat menjaga tekanan darah yang perlukan untuk cairan tubuh tetap seimbang,transmisi saraf dan kontraksi otot.

Serta berkata adanya folat dan vitamin C pada buah berry bisa mencegah ibu hamil tekena anemia dan juga serat yang bisa membantu pencernaan pada ibu hamil.

6.jambu biji
Kandungan yang terdapat pada biji antara lain ialah vitami A,serat,kalium,fosfor,serta sumber vitamin C yang baik selain buah jeruk.

Radikal bebas sangat membahayakan bagi seorang ibu hamil karena itu dapat menyebabkan perkembangan janin dalam kandungan mengalami penghambatan,maka dari vitamin A Dan vitamin C Yang terdapat pada jambu biji sangat berperan penting dalam mencegah penghambatan tersebut.selain itu buah ini juga bisa membantu ibu hamil dalam mengontrol kadar gula darah.

7.buah pir
Mengonsumsi buah pir sangat baik untuk ibu hamil karena buah ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi.menurut hasil penelitian melalui jurna nutrition today,kandungan kalium yang terdapat pada pir bisa membantu meregenerasi sel dalam tubuh ibu dan janinnya.

8.semangka
Banyaknya kandungan air yang terdapat pada semangka bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh pada ibu hamil,menghilangkan rasa haus,kaya akan vitamin A,C,B6,kalsium dan magnesium.

Semangka juga di percaya dapat mengurangi pembengkakan di tangan dan kaki dan mencegah keram otot di trimester tiga kehamilan,dan juga menghilangkan rasa mual di pagi hari.

9.lemon
Buah lemon memiliki manfaat untuk menghilangkan mual yang di rasakan ibu hamil selain itu lemon juga dapat mencegah dehidrasi serta membersihkan sistem pencernaan.

Kandungan vitamin C ini juga memiliki manfaat seperti buah lainya yaitu untuk mencegah sembelit,bukan hanya itu saja lemon juga menghasilkan  kandungan kalium,kalsium dan magnesium yang bagus untuk pertumbuhan tulang.

10.melon jingga
Atau yang biasa di sebut melon oranye ini ternyata memiliki nutrisi antara lain Beta karoten yang bagus untuk penglihatan dan rambut janin.

Kandungan Vitamin C yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan janin yang ada di dalam kandungan.
Serta vitamin B nya yang bisa mengurangi mual dan mulas di pagi hari.melon ini memiliki kaya akan akan serat yang mampu mencegah sembelit.



Dan itulah 10 buah yang baik di konsumsi ibu hamil dan kandunganya,mengonsumsi buah saat kehamilan sangat baik pada tubuh ibu hamil serta perkembangan janin yang ada dalam kandungan.

Buah di atas tadi bisa anda konsumsi secara langsung sebagai cemilan yang sehat setiap hari atau jika anda mulai bosan mengonsumsi buah secara langsung,anda juga bisa mengolah buah-buahan tersebut menjadi salad buah,jus atau sebagai tambahan topping seperti misalnya pada saat makan.


Posting Komentar untuk "10 buah yang baik di konsumsi saat masa kehamilan "