Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 cara menghilangkan karang Gigi membandel yang sudah mengeras dengan mudah

Karang gigi merupakan sebuah plak yang sudah mengeras pada lapisan luar Gigi yang kemunculannya bisa di sebabkan oleh sisa-sisa dari makanan yang tertinggal di sela-sela gigi yang jika di biarkan menumpuk dalam kurun waktu yang lama dapat terbentuk nya karang gigi.

Jika karang gigi tidak segera di atasi maka akan timbul masalah seperti bau mulut dan penipisan enzim gigi.selain itu masalah penyakit juga akan datang karang gigi terus di biarkan saja seperti radang gusi dan gigi berlubang.

Cara menghilangkan karang Gigi membandel
Ilustrasi karang gigi


Jika masalah penyakit itu sudah bertambah parah solusi yang benar adalah mengunjungi dokter gigi untuk menyembuhkanya,tapi jika masalah karang gigi masih dalam tahap ringan anda juga bisa mengatasinya sendiri tanpa harus pergi ke dokter spesialis Gigi dan tentu saja tidak perlu mengeluarkan biaya lebih.

Dengan melakukan berbagai metode yang akan saya jelaskan pada artikel ini bisa membantu anda untuk menghilangkan karang Gigi yang membandel bahkan yang sudah mengeras sekalipun dengan mudah.

Cara menghilangkan karang Gigi membandel yang sudah mengeras


1.rajin gosok gigi
Semenjak kecil kita sering di ingatkan untuk rajin menggosok gigi oleh orang tua setiap hari,dewasa ini kita seharusnya harus tetap rajin menggosok gigi supaya Gigi tetap bersih dan sehat.
Biasakan setelah makan gosoklah gigi selama 2 menit dengan cara penggosokan yang baik dan benar dengan begitu sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dapat hilang serta mencegah dan merontokan karang gigi.


2.menggunakan pasta gigi yang mengandung Fluorida
Jika menggosok gigi biasakan menggunakan pastanya juga supaya bersih lebih optimal.
Dan gunakan pastanya yang mengandung Fluorida karena kandungan ini mampu mencegah karang gigi berkembang.selain Fluorida pasta gigi yang memiliki kandungan pyrophosphates,zinc citrate, triclosan untuk menghilangkan karang Gigi serta gigi yang menguning.


3.campuran baking soda dengan garam
Baking soda yang di campur garam ternyata dipercaya mampu menghilangkan karang Gigi yang membandel dan mengeras.
Cara penggunaanya anda harus mencampur baking dengan garam kemudian aduk hingga tercampur rata kemudian ambil sikat gigi yang udah di beri pasta gigi lalu kemudian celupkan atau taburi pasta dengan dengan campuran garam dan baking soda tadi,setelah itu gosok gigi selama 2 menit.selain menghilangkan karang Gigi ternyata campuran ini bisa untuk memutihkan gigi.


4.obat kumur
Setelah menggosok gigi biasanya kita akan berkumur dengan airkan! Nah kali ini coba anda berkumur menggunakan obat kumur untuk membantu merontokan karang gigi serta membuat mulut lebih segar.


5.meggosok menggunakan kulit jeruk
Buah yang banyak di temui dan memiliki banyak peminat karena rasanya yang manis-manis asem gitu.kulitnya bisa membantu menghilangkan karang Gigi karena kandungan asam yang di milikinya.
Anda dapat menggosok kulitnya pada gigi selama 2-3 menit atau anda juga bisa menumbuknya sampai halus hingga menjadi seperti pasta setelah itu bisa langsung mengoleskanya pada gigi yang terdapat karangnya.


6.jeruk lemon
Lemon juga termasuk dalam keluarga jeruk,perbedaan jeruk lemon dengan jeruk biasa ialah dari tingkat keasamannya yang lebih tinggi di banding dengan jeruk biasa yang jelas lebih optimal untuk merontokan karang gigi. melakukanya anda hanya perlu memeras air jeruk lemon ini lalu ambil sikat dan celupkan ke dalam air lemon yang sudah di peras tadi lalu gosokkan pada gigi


7.asam Jawa
Sifat asam terdapat pada buah asam Jawa mampu melepaskan karang gigi,caranya yaitu ambil daging buah asam Jawa lalu campurkan pada pasta yang ada pada sikat kemudian gosok seperti biasa menyikat dengan gigi.


8.mengonsumsi buah stroberi
Dengan rajin mengonsumsi buah stroberi juga bisa membantu menghilangkan karang Gigi sebab di dalam buah stroberi terdapat vitamin C yang mampu menghilangkan karang gigi.


9.menginsumsi buah apel 
Selain mengonsumsi stroberi,anda juga bisa mengonsumsi apel sebab apel juga dapat menghilangkan karang yang menempel pada gigi karena memiliki rasa asam dan vitamin yang mampu merontokan karang.
Apel yang bagus dikonsumsi untuk menghilangkan karang Gigi adalah apel hijau atau apel yang memiliki tingkat kessaman lebih tinggi.


10.mengunyah daun sirih
Cara menghilangkan karang dengan daun sirih adalah dengan mengambil 1 lembar daun sirih kemudian menumbuk nya bersamaan dengan 1 batang cengkeh tapi jangan terlalu halus ya,setelah itu kunyah 2 sampai 3 menit.selain untuk menghilangkan karang gigi,daun sirih juga mampu menghilangkan bau mulut yang tak sedap.


11.mengunyah buah tin
Kunyahlah buah tin 3 sampai 4 buah sekaligus agar menghilangkan plak yang membandel


12.cengkeh
Biasanya cengkeh digunakan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan sakit gigi,Tapi ternyata cengkeh juga bisa digunakan untuk menghilangkan karang pada gigi juga loh.
Cara penggunaanya ialah anda hanya perlu menumbuknya sampai halus lalu kemudian oleskan pada bagian gigi yang memiliki plak.


13.mengunyah biji wijen
Apa anda tahu biji wijen? Itu loh yang bisa di taburi pada bagian atas roti hamburger.
Dengan mengunyah segenggam biji wijen maka karang gigi akan terlepas.
 karena pada saat mengunyah biji wijen ini berfungsi sebagai scrub alami yang dapat mengurangi plak.


14.lidah buaya
Di kenal karena khasiatnya yang bagus pada rambut dan lain-lain,tanaman satu ini juga bisa mengatasi plak pada gigi.caranya anda hanya tinggal mengoleskan bagian dagingnya atau gel lidah buaya pada bagian plak gigi sampai batas gusi,diamkan sekitar 10 menit setelah itu bersihkan dengan berkumur menggunakan air dingin.


15.cuka putih
Salah satu bahan dapur ini mampu dalam mencegah pembentukan plak pada gigi,cara penggunaanya adalah dengan mencampur 2 sendok teh cuka putih dengan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air hangat lalu kumur 1 sampai 2 kali sehari.


16.mengunaka metode flossing
Metode ini menggunakan seutas tali seperti benang yang caranya dengan memasukan benang ke dalam sela-sela gigi yang terdapat plaknya lalu kemudian menggeseknya sampai plaknya terangkat.
 perlu saya ingatkan cara ini bisa saja membuat gusi terluka jika tidak berhati-hati,sebab akibat gesekan yang terlalu kuat bisa membuat gusi teriris dan berdarah.


Nah di atas tadi merupakan bebrapa cara-cara menghilangkan karang gigi dan anda bisa mencoba salah satu atau beberapa metode di atas untuk mengatasinya serta rajinlah untuk melakukannya setiap hari,karena jika hanya di lakukan 1 atau 2 kali hasilnya tidak akan terasa bahkan tidak bekerja sama sekali.

Posting Komentar untuk "16 cara menghilangkan karang Gigi membandel yang sudah mengeras dengan mudah"