Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi blogger hanya bermodalkan hp,beberapa aplikasi ini yang perlu kamu persiapkan

Menulis,mengelola template,mengedit gambar dan kode html 

Ya begitulah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang blogger,bukan hanya sekedar menukis sebuah artikel saja tetapi seorang blogger juga harus memperhatikan hal-hal di atas tersebut agar blog yang di kelola memiliki tampilan yang bagus dan rapih serta SEO friendly sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama.

Untuk mengelola sebuah blog atau website kita memerlukan sebuah komputer atau laptop supaya kita bisa mengelola blog lebih nyaman,lalu apakah menjadi seorang blogger kita harus memiliki sebuah laptop? Sedangkan kita tidak memiliki laptop karena dana yang terbatas.
Kabar baiknya kita masih bisa menjadi seorang blogger hanya dengan bermodalkan hp tapi harus tipe android ya (smartphone).

Menjadi seorang bermodalkan hp

Memang kita bisa menggunakan hp untuk menulis dan mengelola blog yang sedang kita bangun meski begitu dengan menggunakan hp tidak senyaman dan selengkap penggunaan laptop,tapi saya sendiri lebih nyaman menggunakan hp karena mudah di bawa kemana-mana meski tidak senyaman dan selengkap seperti saat menggunakan komputer ya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Meskipun tidak selengkap dan senyaman di laptop kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa melengkapi kekurangan dan kenyamanan saat kita mengelola blog di smartphone. aplikasi apa saja yang harus di miliki untuk membantu kita mengelola sebuah blog yang sedang di kerjakan menurut e-rizblog.

1.Wps
Lebih suka menulis langsung di situs atau tidak? Kalau saya lebih suka secara tidak langsung di situs karena lebih hemat pengeluaran paket data internet aja karena menulis bukan perkara yang mudah maka dari itu saya lebih suka menulis di aplikasi WPS sebab fitur nya mirip.dengan software mas.word yang terdapat pada komputer.

Kalau menulis langsung di situs menggunakan hp tampilan baris kata terlalu kecil sehingga beberapa kata langsung pindah baris dan itu membuat tulisan terlihat banyak padahal masih sedikit,berbeda halnya dengan menggunakan WPS yang ukuran tampilan bisa kita atur serta bisa melihat berapa jumlah kata sudah kita tulis.

2.Ibispaint
Tidak enak rasanya membuat artikel tanpa menyertakan sebuah gambar atau foto terlebih gambar menjadi aspek penting untuk mendatangkan pengunjung,kita bisa mencari atau membuat dan mengedit gambar apabila kita tidak menemukan gambar yang sesuai judul artikel atau menghindari copyright dengan mengeditnya.

Biasanya saya menggunakan aplikasi ibispaint karena memiliki fitur yang tak kalah lengkap dan bagus seperti software yang terdapat di komputer,di aplikasi ini menyajikan berbagai fitur-fitur lengkap yang tersaji seperti gaya tulisan,kanvas,dan lain-lain sehingga bisa dengan bebas mengedit gambar.

3.Qreduce lite
Ukuran kilobyte (KB) sebuah gambar dapat mengganggu performa proses loading blog karena ukuranya terlalu besar terkadang kita harus mengecil kb nya dengan memotong sebagian gambar tapi itu hanya menurunkan beberapa persen saja atau menggunakan jasa tools tapi itu akan memakan data internet karena harus meng-upload gambar dan mendownloadnya lagi.
Dengan aplikasi Qrduce lite kita bisa mengecilkan ukuran gambar dengan kemauan kita sendiri tanpa perlu mengakses ke internet dan ukuran aplikasi ini tergolong kecil yakni di bawah 10mb.

4.Puffin Browser
Dalam mengelola blog mestinya menggunakan browser yang memiliki performa bagus sehingga mempercepat proses pemuatan/loading blog dan di sini saya menggunakan aplikasi browser bernama Puffin browser kenapa saya menggunakan browser ini karena dalam memuat sebuah situs terbilang sangat cepat meski pada jaringan 3G.

Satu lagi yang bikin browser satu ini menarik dari browser lain,ya itu memiliki fitur mouse seperti pada mouse laptop dan fitur ini sangat membantu untuk para blogger yang bermodalkan hp seperti saya karena bisa memindahkan posisi menu widget blog.

 seperti kita tahu untuk memindahkan posisi widget di laptop dengan cara tahan klik kiri lalu pindahkan posisi kursor (anak panah) sedangkan di hp apalagi dengan browser bawaan ketika hendak menahan menu widget tidak bisa dipindahkan malah yang ada muncul menu pop up yang berisi pilihan menu.

5.Quooda
Di sini yang bikin mengelola blog lebih enak menggunakan laptop pada saat mengedit kode html template dimana kita hanya memasukkan perintah ctrl+f maka akan muncul menu pencarian untuk mencari script kode yang akan kita edit nantinya sedangkan menggunakan pada hp tidak memiliki perintah semacam itu sehingga kita harus mencari script kode tertentu yang bertumpukan dengan kode-kode lainya yang mencapai ribuan.

Biar lebih mudah kita harus menggunakan aplikasi quooda,aplikasi ini memudahkan kita untuk mencari dan mengedit script kode yang di cari dengan menu pencarian,meski mudah tapi pengerjaanya masih sedikit ribet dimana kita harus mendownload template terlebih dahulu,kemudian di edit,terus kita upload lagi layaknya memasang template baru.

Walaupun agak ribet karena perlu download file data template sebenarnya itu memiliki poin bagus bagi saya,ya jika kita tidak puas dengan hasil editan script yang di buat dan lebih suka yang dulu maka kita bisa menggantinya kembali seperti pada awal karena sebelumnya filenya sudah terdownload.

Nah demikian aplikasi-aplikasi perlu di miliki untuk mengelola sebuah blog di hp ya meskipun membangun sebuah blog atau website di hp memang tidak senyaman menggunakan laptop atau komputer tapi itu merupakan sebuah kesempatan bagi kita yang ingin menjadi seorang blogger sukses.

 walaupun saya memiliki komputer namun saya lebih memilih menggunakan hp karena parktis bisa digunakan dimana saja karena saya sering di sibukkan  dengan pembeli di toko saya.di bandingkan menggunakan komputer di mana saya harus menyambungkan hp ke komputer dengan kabel USB supaya tersambung di internet di tambah lagi harus keluar masuk rumah untuk melayani pelanggan.

Semoga artikel di atas membantu teman-teman blogger terutama untuk yang masih pemula dan hanya bermodalkan hp dapat membantu dan memudahkan dalam membangun dan mengelola blog.

Posting Komentar untuk "Menjadi blogger hanya bermodalkan hp,beberapa aplikasi ini yang perlu kamu persiapkan "