Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setiap hari minum kopi ! Inilah yang akan terjadi pada tubuh anda

Salah satu minuman yang memiliki aroma dan rasa yang khas di gemari oleh banyak orang terutama kaum pria! Ya apalagi kalau bukan kopi,Minuman yang terbuat dari biji buah kopi ini sangat di sukai setiap orang dari dulu sampai sekarang mulai dari orang tua dan juga anak muda menjadikan kopi sebagai minuman favorit yang selalu di nikmati setiap harinya.
Yang terjadi pada tubuh jika mengkonsumsi kopi setiap hari
Biasanya sebagian orang  mengkonsumsi kopi minimal 2 atau 3 kali dalam sehari tergantung dari kebutuhan masing-masing individu itu sendiri sih kalau kamu  biasanya sehari bisa menghabiskan berapa kopi? Tahukah kamu dengan mengkonsumsi kopi setiap harinya dapat memberikan efek positif bagi tubuh!

Namun selain memiliki efek positif ternyata mengkonsumi kopi setiap harinya juga bisa menimbulkan efek negatif pada tubuh  juga lho! Apa aja sih efek-efek yang di timbulkan jika di konsumsi setiap harinya!

Efek positif yang bisa di dapatkan

1.daya ingat meningkat
Sulit untuk mengingat sesuatu atau keseringan lupa (pikun) coba deh konsumsi kopi supaya daya ingatanmu meningkat.berdasarkan Journal Nature Neuroscience menunjukan bahwa kandungan kafein yang terdapat pada kopi bisa meningkatkan performa daya ingat manusia selama 24 jam setelah mengkonsumsinya.
Dan dapat di simpulkan bahwa kafein memiliki pengaruh dalam meningkatkan ingatan dalam jangka waktu panjang tapi perlu di ingat jika menkonsumsi kopi yang mengandung kafein dalam jumlah banyak belum tentu memiliki efek positif lebih banyak dalam produktivitas dan saya sarankan lebih baik perbanyak  mengkonsumsi air putih supaya kebutuhan cairan pada otak terpenuhi.

2.meningkatkan performa tubuh
Bagi kamu yang merupakan seorang atlet atau seorang pekerja yang memerlukan energi lebih supaya tidak mudah cepat lelah dan ternyata tambahan energi itu bisa kamu dapatkan hanya dengan mengkonsumsi kopi sebab kandungan kafein yang terdapat kopi bisa meningkatkan fisik khususnya dalam berolahraga.
Witherspoon mengatakan bahwa rekomendasi untuk kandungan kafein yang harus dikonsumsi sebanyak 2 hingga 6 miligram kafein per kilogram atau setara dengan mengkonsumsi kopi reguler sebanyak 1 hingga 4 untuk seseorang yang memiliki berat badan 150 pon.

Kafein akan bereaksi dengan menerima sinyal melalui otak untuk mengenali bagian yang terkena adenosine yang bisa menyebabkan rasa lelah.maka dari itu kemungkinan dengan mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein sebelum melakukan aktivitas berat bisa menurunkan rasa lelah.

3.suasana hati meningkat
Memiliki mood atau suasana hati buruk karena terlalu banyaknya hal-hal yang tidak menyenangkan datang pada kamu sehingga menyebabkan mood kamu menurun.cobalah tenangkan pikiran anda dengan secangkir kopi,sebab kafein di dalam kopi akan terkait dengan tindakan positif otak termasuk peningkatan kesadaran mental,membantu konsentrasi dan meningkatkan mood.

Selain itu Berdasarkan American Association of Retired Person (AARP) kopi juga dapat menurunkan tingkat bunuh diri sesorang akibat depresi yang di deritanya.seseorang yang mengkonsumsi kopi berkafein 2 hingga 3 gelas rutin setiap harinya dapat menurunkan tingkat bunuh diri mencampakkan 45 persen yang di sampaikan sebuah studi dari Harvard School of Public Health.hal ini di sebabkan dengan efek stimulan kafein yang adapat meningkatkan mood.

4.memiliki umur lebih panjang
Selain menurunkan tingkat bunuh diri seseorang akibat depresi ternyata seringnya mengkonsumsi kopi bisa memperpanjang umur seseorang karena kopi bisa menurunkan risiko pengembangan penyakit yang bisa saja muncul pada tubuh bahkan hilang kalau rutin mengkonsumsinya khususnya kopi hitam.

Dengan rajin mengkonsumsi kopi 3 hingga 5 gelas seharinya bisa menurunkan tingkat kematian yang di akibatkan oleh berbagai macam penyakit serta menurunkan resiko penyakit seperti parkinson, demensia, sirosis hati dan kanker tertentu termasuk liver dan endometrium,kata ahli nutrisi dari Community Coffee Company
Jika kamu ingin mendapatkan manfaat panjang umur tersebut kamu harus mengkonsumi kopi murni tanpa di tambah gula, susu dan krimer agar antioksida dapat bekerja dengan baik.

Efek negatif yang di timbulkan kopi

1.mengganggu aktivitas sehari-hari
Mengkonsumsi kopi secara berlebihan ternyata bisa mengganggu rutinitas sehari-hari kami juga yang dapat menimbulkan beberapa efek negatif yang bisa di rasakan seperti salah satunya cemas,panik,insomnia(sulit tidur),serta ketergantungan terhadap kafein yang jelas bisa mengganggu aktivitas kamu di siang atau malam hari.

American Heart Association juga mengatakan bila seorang individu yang terbiasa mengkonsumsi kopi berkafein secara berlebihan dapat menyebabkan penarikan kafein dalam kurun waktu 12 Ingga 24 jam setelah mengkonsumsi kafein.
hal tersebut kemungkinan akan berakhir setelah 24 sampai 48 jam tapi gejala yang biasa terjadi adalah sakit pada bagian kepala.

2.memicu meningkatkan tekanan darah
Apabila kamu memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi kopi beberapa hari,pasalnya kopi dapat menyebabkan tekanan darah naik meski pada umumnya peningkatan hanya bersifat sementara dan tidak memiliki efek jangka panjang namun tetap saja kurangi minum agar terhindar dari hal-hal buang tidak di inginkan.

3.meningkatkan kolesterol
Sebaiknya berhati-hatilah bila akan meminum kopi jika kamu mengidap penyakit kolesterol agar tingkat kolesterol tetap terjaga.sebaiknya kamu memeriksa bagaimana kopi yang akan kamu minum itu di buat,jika kamu memilih French press atau espresso kemungkinan kopi tersebut mengandung tingkat kolesterol lebih tinggi di bandingkan menggunakan kopi saring atau kopi instan.

Posting Komentar untuk "Setiap hari minum kopi ! Inilah yang akan terjadi pada tubuh anda"