Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susah tidur? Beberapa tips ini bisa jadi solusinya

Tidur merupakan keadaan istirahat penuh yang di lakukan dan dibutuhkan saat malam hari tiba bagi semua individu setelah menjalani aktivitas sepanjang hari,hal itu perlu di lakukan untuk mengumpulkan kembali energi tubuh supaya bisa kembali fit untuk menjalani segala aktivitas di keesokan harinya.

Selain mengumpulkan kembali energi yang sudah di pakai menjalani aitivitas tidur juga perlu untuk menjaga kesehatan,sebab jika tidak kita akan mengalami berbagai gangguan dan penyakit jika kurang tidur.oleh sebab itu kita tidak boleh terlalu memaksakan diri dan tidak memperhatikan kondisi tubuh.

Tidur sebenarnya merupakan hal yang mudah di lakukan kita hanya perlu berbaring dan memejamkan mata bahkan sebagian orang bisa tidur sambil duduk,tapi yang paling di anjurkan bagi kesehatan adalah berbaring dengan posisi tubuh menghadap ke kanan.namun kadang ada beberapa orang yang sulit untuk tidur.

Beberapa tips mengatasi susah tidur

Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan kita susah tidur serta bisa membuat kita terbangun saat malam hari atau terjaga sampai larut malam,hal itu bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti stress dan kondisi tempat yang kita tinggali.lalu bagaimana cara nya agar kita bisa tidur dengan mudah dan nyaman,beberapa tips ini bisa menjadi solusi buat anda yang memiliki masalah kesulitan saat tidur.

1.mematikan lampu
Ada beberapa orang sering tidur dengan kondisi lampu menyala dan alasan sebagian orang yang pernah saya dengar karena mereka takut gelap dan yang paling saya bingung katanya nafas mereka terasa sesak kalau tidur dalam keadaan ruang yang gelap dan apakah anda anda juga tidur dengan lampu menyala dan memiliki alasan yang sama seperti tadi.
Tapi saran saya lebih baik tidur dengan kondisi lampu tidak menyala sebab kamu tidak akan terganggu dengan terangnya cahaya yang di hasilkan lampu,tahukah kamu meskipun anda bisa tidur dalam keadaan lampu menyala namun kualitas tidur tidak optimal karena tubuh akan menganggap kalau hari masih siang.

2.menghitung
Apakah anda sering menonton kartun? Pasti di salah satu acara kartun yang anda tonton  menampilkan adegan dimana salah satu karakter menghitung domba saat ia susah tidurkan,hal ini juga bisa terapkan di kala anda susah tidur karena saat sedang menghitung anda akan merasa lelah dan bosan menghitung sehingga anda akan tertidur dengan sendirinya.

3.mendengar musik pengantar tidur
Saat masih anak-anak biasanya kita dinyanyikan lagu oleh orang tua kita sebelum tidurkan,lagu juga bisa menjadi obat atas masalah tidurmu asalkan kamu mendengar lagu yang bisa membuat perasaanmu menjadi tenang seperti genre musik jazz yang katanya membantu orang-orang yang susah tidur melalui alunan ciri khas musiknya yang santai.

4.relaksasi dengan mendengar suara
Susah tidur karena mendengar suara-suara yang mengganggu atau suasana yang tidak nyaman,coba kamu download aplikasi yang menyediakan berbagai suara relaksasi seperti suasana hujan,di perkotaan atau di hutan.saya dulu pernah mencoba tips ini dan berhasil.waktu itu saya mendengar suara suasana sedang hujan seperti ciri khas suara air huhan jatuh di atas genteng,suara petir dan aliran air hujan yang mengalir membuat pikiran dan suasana yang saya rasakan  menjadi lebih tenang.

4.mengatur nafas
Stress dan banyak pikiran juga sering tidur kurang nyenyak karena otak terus bekerja karena kamu selalu memikirkan sesuatu yang bikin kamu stress dan merasa sakit di bagian kepala,untuk mengatasinya coba anda tarik nafas melalui hidung dalam-dalam,tahan nafas beberapa saat atau batas kemampuanmu lalu buang melalui mulut,ini akan membuat pikiran mu menjadi tenang dan akan  meringankan rasa sakit kepala karena stress yang anda alami tadi.

5.olahraga ringan
Belum bisa tidur karena belum lelah dan mengantuk sedangkan waktu sudah larut malam,coba kamu melakukan olahraga tapi jangan yang berat-berat agar tidak keringetan nantinya lebih baik olahraga ringan saja supaya bisa bikin lelah tapi tidak bikin keringetan  seperti misalnya jalan-jalan di ruang atau senam ringan.

6.jangan menggunakan pakaian tebal
Saat musim kemarau suhu suatu tempat menjadi begitu terasa panas termasuk juga pada saat malam hari yang membuat tidur menjadi kurang nyaman,saran saya kalau ingin tidur gunakan lah baju yang tipis seperti kaos atau jika masih terasa gerah bisa saja cuma pakai kaos dalam.