Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengetahui kualitas semangka yang bagus agar tidak rugi saat membeli

Buah semangka,buah yang satu ini memiliki banyak peminatnya terutama bagi anak-anak karena rasanya yang manis dan memiliki banyak kandungan air di dalamnya dan juga biji-biji nya yang tersebar di seluruh daging buahnya,mempunyai ciri dengan bentuk bulat dengan garis-garis berwarna hijau yang mudah kita tebak.

Biasanya buah ini banyak di buru semua orang setiap musim panas tiba,kadang juga di beli sebagai santapan di perjalanan,piknik,pantai,atau sebagai makanan penutup sesudah makan.buah semangka bisa mudah kamu jumpai karena buah ini bisa tumbuh tidak tergantung musim dan biasanya banyak pedagang yang menjualnya apalagi di hari-hari tertentu.

Biasanya sebelum membeli kita selalu mengeceknya dulukan,ya hal seperti ini juga bisa kamu terapkan sebelum buah-buahan salah satunya buah semangka ini apakah sudah matang atau belum,bagus atau tidak,manis atau belum manis.kalau kamu berpikir ukuran besar menandakan sudah matang juga kualitasnya bagus itu sepenuhnya tidaklah benar.

Cara mengetahui kualitas buah semangka

Dan bukan berarti setiap semangka yang di jajahkan pedagang itu bagus semua terkadang semangka yang mereka jual itu sudah ada beberapa hari setelah di panen.lalu bagaimana kita mengetahui kualitas semangka yang bagus? Kamu bisa lihat beberapa cara untuk mengetahui kualitas semangka yang bagus sebagai berikut:

1.tunas semangka
Kamu bisa mengetahui apakah semangka yang ingin kamu beli masih segar atau tidak semangka dengan cara mengecek tunas yang terletak di ujung semangka (itupun kalau pedagangnya menjualnya dengan keadaan tunas masih menempel).caranya cukup mudah jika tunas masih terlihat segar maka dapat di pastikan semangka masih segar itu pertanda baru di petik.
Lain halnya kalau tunas sudah terlihat sudah layu itu kemungkinan semangka sudah di petik beberapa hari yang lalu dan dapat di pastikan itu sudah enggak segar lagi.

2.periksa ujung semangka
Kalau yang tadi kita cek kesegaran semangka melalui tunas yang masih menempel pada ujung buahnya,kali kita akan cek tingkat kemanisan semangka melalui ujungnya tanpa adanya tunas.untuk mengetahuinya kamu perhatikan tanda pada ujungnya,kalau tanda pada ujung besar itu menandakan semangka tidak manis.
Dan kalau tanda pada ujungnya terlihat kecil itu menandakan buah semangka itu manis,semakin kecil tanda nya maka tingkat kemanisan pada buah semangka akan semakin bagus.

3.perhatikan garis semangka
Cara lain untuk mengetahui manis atau tidaknya semangka selain memeriksa tanda pada ujung nya adalah dengan memperhatikan garis pada kulit semangka.nah coba anda perhatikan garisnya,jika garis terlihat jelas dan rapi itu merupakan ciri-ciri semangka yang manis.

4.warna kuning pada kulit semangka
Mengetahui kualitas semangka pun bisa anda lihat melalui tanda yang terdapat pada kulitnya yang berwarna kuning,semakin sedikit tanda atau kecil tanda kuning yang terdapat maka semakin bagus pula kualitas semangka.

5.mengetuk semangka
Cara ini merupakan yang sering di lakukan sebagian orang untuk mengetahui kematangan semangka yaitu dengan cara mengetuknya,bukan mengetuk pintu rumah penjualnya ya tapi buah semangkanya.
Cara nya anda hanya harus mendekatkan buah semangka ke telinga supaya terdengar lebih jelas,kemudian ketuk buah semangka,jika suara terdengar tebal/tinggi itu pertanda semangka sudah matang dan kalo suara ketukan terdengar rendah itu tandanya semangka kurang matang.