Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips menjaga kesehatan yang perlu diperhatikan agar tidak mudah terserang penyakit

Hidup sehat itu penting bagi kita semua agar terhindar dari segala penyakit yang bisa saja menyerang kita kapan pun dan dimana pun maka dari itu kamu harus pintar dan rajin menjaga dan merawat kondisi tubuhmu sendiri sebab kalau bukan kamu siapa lagi,karena enak tidaknya kondisi tubuhmu hanya bisa dirasakan oleh dirimu sendiri bukan orang lain.

Sehat itu mahal teman-teman! Karena dikala terkena suatu penyakit kamu harus meminum obat namun bagaimana jika terkena penyakit yang begitu serius dan haus mendapatkan perawatan di rumah sakit sedangkan untuk biaya perawatan rumah sakit saja tergolong lumayan mahal serta harga obat-obatan yang harus kamu beli.

Cara menjaga kesehatan yang baik

Maka dari itu teman-teman harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat,tapi apakah kamu tahu apa saja hal perlu di perhatikan dan apa saja yang perlu lakukan dan di hindari.untuk itu kamu bisa menyimak tips menjaga kesehatan yang perlu diperhatikan agar tidak mudah di serang penyakit di bawah ini,langsung aja di baca:

1.sering mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
Jangan membiasakan sebelum makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu sebab mungkin saja tangan kita di penuhi dengan berbagai macam kuman dan bakteri saat memegang benda-benda umum yang berpotensi sebagai sarang kuman dan bakteri meski benda tersebut terlihat bersih.
Membersihkan tangan pun jangan asal-asalan kamu harus mengikuti tata caranya yang benar yaitu menggunakan sabun antibakteri,basuh telapak tangan bagian luar dan dalam,jangan sela-sela jari,dan kuku kalau bisa gunting saja kuku anda karena bagian dalam kuku adalah bagian paling kotor,setelah makan pun di anjurkan di bersihkan supaya tangan terlihat lebih bersih.

2.makan makanan bergizi dan kaya akan vitamin
Siapa di sini yang suka atau malahan sering mengonsumsi makanan fast food? Makanan seperti ini memang terbilang praktis dalam penyajianya dikala perut sangat lapar,tahukah kamu mengonsumsi makanan fast food sangat berbahaya apalagi jika dikonsumsi setiap hari dengan jumlah yang banyak akan tetapi  makanan ini terkadang minim akan vitamin.
Dan juga makanan seperti ini  mengandung bahan kimia seperti pengawet makanan yang tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan sebaiknya kamu lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin yang dapat membuat sistem imun Anda lebih kuat,seperti vitamin C,vitami B6,dan vitamin E

3.rajin membersihkan lingkungan dan tempat sekitar
Bersih-bersih,mendengarnya aja udah bikin malas untuk mengerjakanya sebab biasanya kita akan mengerjakan sesuatu yang kotor dan berantakan,tapi itu juga demi kebaikan kita juga karena lingkungan yang bersih merupakan cerminan hidup sehat.sebab tempat kotor adalah sarang dari berbagi kuman dan bakteri penyebab penyakit.

4.gunakan produk anti bakteri saat mandi
Mandi sangat diperlukan untuk membersihkan badan dari kotoran yang menempel dan keringat biasanya mandi di lakukan 2 kali sehari yaitu saat pagi dan sore hari.tapi apakah air mandi yang gunakan sudah bersih? Ya tentu saja air terlihat bersih tapi apakah air itu sudah tidak mengandung bakteri.tahukah  kamumeskipun air terlihat bersih akan tetapi air menjadi tempat kuman dan bakteri berkumpul meskipun air itu bening,maka dari itu gunakan obat antiseptik ke dalam bak mandi dan kalau kamu menggunakan sabun kecantikan gantilah dengan sabun antiseptik juga karena apa gunanya berpenampilan cantik jika kamu sering sakit.

5.tidur tepat waktu
Banyak orang-orang yang mementingkan waktu tidur mereka dengan mengerjakan tugas atau hal-hal yang tidak penting sampai larut malam,jika waktu tidurmu kurang itu akan menyebabkan daya tahan tubuhmu melemah karena istirahat yang tidak cukup dan mengakibatkan rentan terhadap penyakit.rekomendasi waktu tidur yang baik yaitu adalah 6-8 jam.

6.jaga jarak dengan orang yang sedang sakit
Penyakit juga bisa menular ke orang lain terutama bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah memungkin resiko tertular penyakit sangat tinggi,untuk itu jaga jarak jika kamu menemui orang yang lagi sakit sebab orang yang sedang sakit dapat menularkan bakteri melaui udara ketika dia sedang batuk atau bersin.

7.jangan gunakan barang bekas orang sakit
Kalau ada anggota keluargamu ada yang sedang sakit jangan pernah menggunakan barang yang dia pakai sebelum di bersihkan,misalnya dia (orang yang sakit) menggunakan selimut kamu tidak menggunakannya sebelum di cuci sebab kemungkinan bakteri dapat menempel.di sana saat dia batuk dan bersin saat menggunakan selimut itu.

Kebersihan lingkungan dan tempat lingkungan merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan seperti yang sudah bahas di atas lingkungan bersih adalah cerminan hidup sehat dan di Sertai mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan gizi yang dapat menguatkan sistem imun pada tubuh agar kebal terhadap kuman dan bakteri penyebab penyakit.
Dan selalu berhati-hati saat dekat dengan orang-orang yang sedang sakit,namun apabila kamu terlanjur sakit sebaiknya gunakan masker supaya orang-orang yang ada di dekatmu tidak terinfeksi,minum obat dan istirahat penuh supaya sakit bisa sembuh dengan cepat.