Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi otak bisa meningkat hanya dengan melakukan kebiasaan sehari-hari ini!

Otak merupakan bagian dari tubuh yang memiliki peran penting dalam mengatur organ tubuh lainnya,selain itu otak juga memiliki fungsi yang sama pentingnya bagi perkembangan suatu individu yang dapat terus meningkat seiring berjalanya waktu.

Kebiasaan sehari-hari yang bisa mengkatkan fungsi otak


Meningkatnya suatu fungsi otak tergantung dari  kebiasaan yang sering anda lakukan dan itu akan menentukan seberapa besar kinerja otakmu dalam meningkatkanya,jika kita jarang menggunakan otak untuk berpikir,itu bisa mempengaruhi penurunan kemampuan otak.

Dan usia juga mempengaruhi daya ingat otak apalagi bila di hadapi dengan masalah yang bisa membuat pikiran kita jadi stress.agar daya ingatotak bisa terus terjaga dan juga meningkatkan fungsinya kita dapat melakukan kebiasaan sehari-hari ini yang dapat meningkatkan fungsi otak.

1.Latihan fisik (olahraga)
Latihan fisik atau kita sebut berolahraga adalah kebiasaan sehari-hari yang di lakukan semua orang,kebiasaan ini dapat menjadi obat untuk menghilangkan depresi yang sedang kita alami.selain itu berolahraga juga dapat meningkatkan kinerja otak secara optimal serta melancarkan peredaran darah menuju otak.
Dengan berolahraga kita dapat mencegah kerusakan sel otak yang dapat menyebabkan penyakit stroke dan membantu dalam pembentukan sel otak yang baru yang dapat meningkatkan kemampuan dan menjaga daya ingat otak.dalam penelitian juga menunjukan bahwa seorang anak yang sering aktif beraktivitas dapat memiliki potensi akademik yang bagus.

2.Mengatur pola makan yang benar
Mengatur pola makan juga bisa meningkatkan fungsi otak,sebab otak merupakan bagian  organ tubuh yang memerlukan energi yang banyak supaya bisa berfungsi lebih baik.dan karbohidrat juga penting bagi otak untuk menjalankan fungsinya tersebut.
Vitamin juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan fungsi otak salah satunya yang mengandung vitamin B12 dan vitamin D yang dapat meningkatkan fungsi dan saraf pusat,dan asupan zat besi untuk membantu mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh,terutama pada otak,serta antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh salah satunya seperti otak.

3.Mengatur waktu tidur yang cukup
Jangan pernah menyepelekan kebiasaan ini meskipun kamu memiliki tugas yang menumpuk atau alasan lainya tapi setidaknya jangan mengorbankan waktu tidurmu,jika waktu tidurmu tidak cukup itu dapatkan menurunkan fungsi otak dalam berpikir dan dapat mengganggu proses suatu informasi yang akan di tangkap otak.
Para peneliti menyimpulkan bahwa lama waktu tidur yang ideal  adalah 7-8 jam.makan dari itu sangat penting agar otak bisa beristirahat serta mengumpulkan kembali energi supaya bisa fit kembali menjalankan hari esok.

4.Hindari stress
Rasa stress bisa saja muncul akibat terlalu banyak pikiran yang bisa menimbulkan kecemasan dan jika kamu mengalami stress dalam jangka waktu yang lama dapat memungkinkan kadar hormon kortisol akan cenderung meningkat dan itu bisa membuat fungsi otak menurun,mengalami gangguan mood,serta dapat mengalami kesulitan ketika belajar

5.Tetap selalu bersosialisasi
Biasakan hidup bersosialisasi dengan berkumpul dengan teman-teman atau orang-orang yang berada dekat di sekita anda sebab hal itu bisa mencegah rasa stress,depresi dan kesepian yang akan mengakibatkan penurunan fungsi kognitif otak,maka dari itu biasakan hal supaya anda tidak merasa terisolasi dan lebih banyak bergerak agar otak tidak mengalami penurunan fungsi kognitif.

6.Melakukan kegiatan yang tertuju pada kreativitas
Sekali-kali anda melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kreativitas seperti dalam bidang sastra,melukis,seni seni rupa,dan musik.ini akan membantu otak meningkatkan fungsinya seperti misalnya saat melukis otak akan terus berimajinasi dalam membentuk suatu perspektif dan menuangkannya pada media tertentu sedangkan dalam seni musik akan membantu meningkatkan dalam hal berkomunikasi antar otak kanan dan otak kiri.

7.Mempelajari sesuatu atau beberapa hal yang baru
Belajar itu penting,selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru ternyata dengan belajar hal baru bisa membantu otak tetap aktif dalam memproses informasi baru.sebab otak yang aktif bisa mengurangi resiko otak terkena penyakit yang tidak bisa di cegah seperti alzheimer (pikun) serta menguatkan ketahanan fungsi otak.

Meningkatkan fungsi otak bisa di lakukan dengan kebiasaan sehari-hari yang biasa kita kerjakan dan dijalani.
Di iringi dengan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin,gizi dan zat besi supaya fungsi otak bisa berjalan dengan lancar dan tetap terjaga dari resiko penyakit yang dapat mengganggu fungsi otak serta merusak sel-sel yang ada serta menghindari hal-hal yang dapat memicu penurunan fungsi otak,dan istirahat yang cukup supaya otak bisa tetap fit menjalani hari esok.