Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidup hemat memang bagus,tapi jangan batasi hal penting ini

Hidup hemat merupakan suatu kebiasaan yang di lakukan oleh sebagian besar orang agar segala kebutuhan nya tetap bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang sehingga mereka tidak perlu menghabiskan terlalu banyak dana dalam jangka waktu yang pendek atau hanya sekedar mengumpulkan uang dari sebagian uang yang telah mereka sisakan.

Berhemat bukan hanya sekedar mengumpulkan uang untuk kebutuhan hidup namun
Ada beberapa alasan sebagian orang orang berhemat mulai dari menghemat pengeluaran,untuk menabung,memiliki tujuan untuk masa depan,atau hal-hal yang ingin mereka miliki.

Hal penting yang tidak boleh di batasi dalam menjalani hidup hemat


Belajar untuk berhemat memang bagus apalagi sudah menjadi kebiasaan dalam hidup terutama untuk kalangan muda yang masih kuliah atau bekerja  yang mengharuskan mereka tinggal di kontrakan agar tidak terlalu kesulitan saat tangga tua tiba.

Namun jangan sampai gaya hidup hemat ini membuat kamu tersiksa karena terlalu membatasi kebutuhan yang paling kamu perlukan saat ini,sebab itu merupakan faktor terpenting yang tidak boleh di batasi.apa aja sih hal di batasi saat berhemat,maka dari itu silahkan kamu simak hal-hal apa saja yang tidak boleh di batasi saat berhemat.


1.makanan
Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti memerlukan makanan yang cukup termasuk termasuk juga manusia.hanya karena ingin menghemat uang agar tidak mudah habis kamu memaksakan diri mengurangi porsi makan kamu atau hanya membeli makanan mengandung pengawet dengan alasan tidak mudah basi.hal semacam sangat tidak baik bagi kesehatanmu terlebih manusia memerlukan asupan makanan yang cukup dan bergizi supaya kondisi tubuh terjaga dan tetap fit.daripada mengurangi porsi lebih baik kamu mengurangi jataha jajan kamu dan jika kamu seorang perokok lebih baik kurangi dalam mengonsumsi benda tersebut kalo bisa menghentikan kebiasaan itu.selain menghamburkan uang karena harga per bungkusnya setara membeli 1-2 liter bensin,namun jika sudah kecanduan usahakan kamu mengonsumsi minuman herbal yang bisa membersihkan kandungan nikotin rokok yang tersebar di dalam tubuh.

2.kesehatan
"Mencegah lebih baik daripada mengobati"
Sering mendengar istilah tersebut? Ya memang betul sekali,mencegah suatu penyakit datang ke tubuh lebih baik dari pada mengobatinya.nah kalo nanti dikala kamu merasa kurang sehat sebaiknya kamu menghentikan sejenak dulu tujuanmu untuk berhemat nya jangan pernah menyepelekan kesehatan jika kamu merasakan gejala awal datangnya penyakit seperti pusing,mual,meriang, DLL.sebaiknya periksa kondisimu ke klinik dan membeli obat sesuai resep dari dokter tidak apa-apa yang yang sedang kamu kumpulkan dibelikan dulu obat karena harga obat tidak begitu mahal dibandingkan dengan menahan suatu penyakit yang jika dibiarkan akan semakin bertambah parah dan kemungkinan akan memerlukan perawatan serius yang seperti kita tahu harga perawatan di rumah sakit lumayan mahal.

3.edukasi
Orang hebat ialah orang yang memiliki pengetahuan yang luas! Dari mana pengetahuan itu bisa di dapat? Ya tentu saja di sekolah tempat kita bisa menuntut ilmu pengetahuan yang di ajarkan oleh guru di sekolah,semakin tinggi tingkat pendidikan semakin banyak pengetahuan bisa di pelajari.namun masih banyak kalangan orang tua menganggap sekolah itu membuang-buang waktu dan uang sehingga mereka hanya menyekolahkan anaknya paling banyak setingkat SMP bahkan tidak menyekolahkan nya sama sekali dengan alasan setelah masih tetap aja tidak akan sukses.padahal itu semua tidaklah benar justru semakin tinggi pendidikan di raih semakin besar pula harapan yang di miliki,sukses atau tidaknya di tentukan melalui semangat orang tersebut.
Oleh karena itu jangan jadikan edukasi sebagai bagian dari faktor penyebab gagalnya untuk kamu menghemat uang,kalau bisa kamu berpikir kalau usahamu menghemat atau mengumpulkan uang itu di jadikan untuk melanjutkan pendidikan kamu lebih tinggi demi memiliki masa depan yang lebih baik.

4.media belajar
Selain belajar di sekolah kita juga bisa belajar di beberapa media contoh misalnya: dari buku  ya meski tidak semudah dipahami seperti yang di ajarkan di sekolah tapi kalo sudah punya semangat tinggi itu bukanlah hal perlu di risaukan.tapi seperti yang kita tahu harga buku terbilang cukup mahal sih sebingga membuat semangat menurun tapi kabar baiknya jika kamu mempunyai hp android bisa kamu manfaatkan untuk belajar di internet hanya membeli paket internet tapi yang paling murah saja agar usahamu menghemat uang tetap terjaga.

5.kebutuhan hidup
Kebutuhan hidup itu bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan makanan seperti yang sudah saya sampaikan di atas ada juga kebutuhan untuk kebersihan,peralatan,dan lain-lain.hanya karena lagi berhemat bukan berarti juga kamu tidak membeli suatu barang untuk kebutuhan hidupmu masa harus pinjam terus barang sama tetangga setiap hari kan malu padahal kamu juga punya uang dari hasil menghemat itu sekali-kali gunakan saja tapi jangan kelewat batas membeli barang yang tidak terlalu begitu penting.


Berusaha untuk hidup hemat itu boleh karena merupakan tindakan bagus untuk masa depan mu nanti.namun di balik usahamu untuk hidup hemat bukan berarti segala sesuatu yang begitu penting kamu korbankan seperti kebutuhan hidup,edukasi,dan kesehatanmu hanya untuk lebih menghemat pengeluaran mu.gunakan saja uang itu hanya dalam keadaan penting dan terdesak saja tapi jangan sampai menggunakan nya untuk hal-hal yang tidak begitu penting bagimu.