Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi lain bluetooth yang bisa bikin hidup lebih simpel

Bluetooth,mendengar katanya saja saya yakin kalian pasti sudah tak asing lagi dengan salah satu fungsi dari hp ini yang digunakan untuk mengirim data file seperti musik,video,dll.



Keberadaan bluetooth sudah ada sejak jaman hp yang masih menggunakan tombol keypad (tombol ketik) dan sekarangpun fungsi bluetooth masih di terapkan pada hp android yang sekarang sudah banyak kita jumpai,karena seperti yang kita tahu fungsi ini begitu penting untuk berbagi data file dari hp ke hp lain,ya walaupun kini banyak orang-orang lebih suka berbagi data file menggunakan WiFi,sebab dengan menggunakan WiFi untuk berbagi data file jadi lebih cepat dalam pengirimanya di bandingkan dengan menggunakan bluetooth.
Eits tapi bukan berarti keberadaan bluetooth akan tergantikan oleh WiFi dan aplikasi berbagi data lainya,tahukah kamu! sekarang fungsi bluetooth bukan hanya sekedar berbagi file dari hp ke hp lain,dan juga kini bluetooth enggak hanya terdapat di hp saja sekarang bluetooth juga sudah terdapat di barang elektronik lainya.
Ingin tahu apa saja fungsi yang di miliki bluetooth,kamu bisa mencari tahunya di artikel ini.

1.media penghubung perangkat pada speaker
Kamu suka mendengarkan musik kan
"Sama saya juga"
Sekarang jaman udah simpel  ga perlu memasang DVD player dan membeli CD untuk mendengar musik,kini cukup cari lagu di internet tinggal download atau streaming lagu di aplikasi lalu putar deh lagu di hp.
Eh tapi dengerin lagu di hp kadang kurang puas karena suaranya kurang ngebas gitu kalo pasang speaker harus pake kabel USB tapi kadang selalu lupa nyimpan kabel USB.
Tapi kini nggak perlu repot gan karena sekarang kita sudah bisa mendengar lagu dengan tanpa harus menggunakan kabel USB,sekarang banyak speaker yang mendukung fungsi bluetooth untuk memutar lagu dari hp,cara menghubungkan hp ke speaker bluetooth juga gampang kok.

2.menghubungkan headset pada hp android 
Kalau di atas tadi kita mendengarkan musik pake speaker agar suasana gak begitu sepi tapi kadang mendengar musik menggunakan speaker selalu mengganggu orang sekitar karena suaranya yang terlalu ngebas atau berisik di kecilin ga jelas suaranya solusinya dengan menggunakan headset meskipun mendengar musik dengan volume tinggi tapi gak masalah sebab cuma kita aja bisa mendengarnya tapi jangan terlalu keras ya karena bahaya jika mendengar musik menggunakan headset dengan volume suara tinggi bagi telinganya,atur volume suara sewajarnya aja supaya nanti ketika emak kalian teriak suruh angkat jemuran masih bisa di dengar wkwkwk.
Namun terkadang kita selalu di jengkelkan dengan kabel headset yang terbelit dan kita harus memperbaikinya dulu,terkadang kabelnya itu sering mengait ke benda lain pas di bawa kemana-mana.
Masalah itu semua tidak akan kalian jumpai dengan speaker bluetooth,fungsi nya juga sama seperti speaker bluetooth tinggal menghubungkan saja dengan jaring bluetoothnya,cara menggunakan speaker bluetooth juga terbilang simpel.

3.cara simpel menghubungkan keyboard dan mouse
Apakah kamu punya komputer? Pastinya kamu udah terbiasa melihat pemandangan kabel yang berantakan antara kabel mouse dan keyboard,dan kadang kamu harus merapikan kabelnya dengan menggulung lalu diikat dengan lakban supaya terlihat rapih,kini mouse dan keyboard tersedia dengan jaringan bluetooth bedanya ini gak menggunakan kabel supaya terhubung pada USB melainkan menggunakan pemancar sinyal bluetooth yang di pasang pada cpu kemudian akan terhubung pada mouse dan keyboard.

4.pengganti kabel pada console gamepad
Apa kamu juga punya gamepad play station (PS),kalo kamu pernah main PS1 atau PS2 kesan ini pasti sering kamu alami kalo tiap mau main hari colok kabel stik psnya dulu atau setelah main pastinya gulung-gulung dulu biar rapi.
Tapi kalau di PS3 dan PS4 sih nggak perlu gulung-gulung kabel stik PS lagi karena stik ps3 dan ps4 sudah mendukung fungsi jaring bluetooth,caranya sama seperti pada mouse dan keyboard komputer yaitu menangkap sinyal pemancarnya untuk bisa terhubung.

5.printer bluetooth
Apa kamu punya tugas dari guru yang berhubungan dengan membuat makalah pastinya kamu akan berurusan dengan internet untuk mencari info dengan judul makalah yang sedang kamu kerjakan.
Namun terkadang kita merasa malas untuk menghidupkan komputer atau laptop,karena lebih suka mengerjakan nya menggunakan hp atau tablet PC karena lebih praktis cara pemakaiannya.tapi sepraktis apapun tetap aja hasil pekerjaan masih harus di kirim ke komputer untuk mencetaknya ke mesin printer yang hanya bisa terhubung pada komputer dan laptop dengan kabel.namun tenang aja karena sekarang mesin printer pun ada juga yang mendukung fitur bluetooth,jadi kamu hanya mengerjakan tugasmu di hp atau tablet lalu kamu tinggal kirim file nya ke printer tersebut simpel kan.

6.bluetooth sebagai tethering
Berselancar internet menggunakan laptop atau komputer memang memberikan pengalaman yang lebih nyaman karena kita bisa melihat dengan layar yang lebar di bandingkan dengan menggunakan hp,tapi kekurangan dari laptop kita harus menghubungkannya dengan jaringan WiFi yang bisa di lakukan dengan hp android namun bukan hanya WiFi saja yang bisa melakukan tethering, bluetooth pun juga bisa di gunakan sebagai tethering (hotspot).
Pasti kalian bertanya apa bedanya tethering WiFi dengan tethering bluetooth?,perbedaanya ada dari segi pemakaian daya baterai.seperti yang kita tahu menyalakan tethering WiFi sangat memakan banyak daya baterai hp,namun beda halnya dengan tethering bluetooth yang penggunaan daya yang tidak terlalu boros.